Festival Kerinci dan 5 Destinasi Wisatanya yang Paling Populer

Danau Kerinci adalah salah satu danau terbesar di provinsi Jambi. Danau ini juga dikenal sebagai danu sumber kehidupan karena banyak digunakan untuk pengairan sawah sekaligus tempat untuk mencari ikan bagi masyarakat setempat. Namun dibalik semua fungsinya tersebut, Danau Kerinci juga sangat indah. Jika kebetulan kamu berada di sini, kamu bisa melihat pemandangan gunung dan rimbunnya pepohonan yang menambah sejuk dan  eksotisnya panorama di sekitar danau. Saking indahnya, maka tidak heran, jika pemerintah kabupaten setempat bekerjasama dengan kementerian pariwisata mengadakan  Festival Kerinci tahun 2022 ini di danau tersebut.

Ingin tahu bagaimana gambaran kemeriahan Festival Kerinci dan inspirasi wisata di sekitarnya? Yuk intip ulasannya di bawah ini

Sekilas Tentang Festival Kerinci

Lokasi Festival

Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa keindahan Danau Kerinci  selalu menjadi inspirasi diadakannya festival yang satu ini. Kamu bisa datang mengunjungi festival, menikmati event budaya sambil berkeliling danau setelah festival usai sambil menyantap makanan khas masyarakat setempat.

Acara

Festival Kerinci dibuka pada tanggal 6 dan diakhiri pada tanggal 9 November 2022. Banyak atraksi menarik yang akan disuguhkan pada saat festival berlangsung. Berbagai tarian daerah dan juga kesenian masyarakat lokal maupun sekitarnya juga akan meramaikan acara festival tersebut.

Selain pertunjukan seni juga akan diadakan beberapa perlombaan yang pastinya akan seru. Ada beberapa perlombaan yang akan digelar yakni Tari Massal, Seni Tradisi, Lagu Daerah, Kuliner Tradisional, Videografi, Fotografi, Fashion Show dan Kerinci Expo.

Untuk perlombaan fashion show, setiap peserta diwajibkan mengenakan kain batik khas Kerinci yang memiliki motif unik dan memiliki ciri khas daerah tersebut.

Stand Kuliner dan Cinderamata

Tentunya setiap acara festival akan terasa kurang sempurna jika tidak memiliki stand kuliner maupun cinderamata untuk oleh-oleh. Jangan khawatir! Di Festival Kerinci dua hal tersebut juga akan hadir.

Kamu bisa merasakan lembutnya kue Bolu Kojo, atau merasakan hangatnya Mie Celor  sambil bersantai menikmati pemandangan sekitar danau bersama teman dan keluarga.

Pokoknya, setelah menghadiri event budaya yang satu ini, dijamin kamu akan senang dan mendapat banyak wawasan karena mengetahui budaya lokal sekaligus kekayaan budaya Indonesia lainnya.

Destinasi wisata Seru di Danau Kerinci

1. Danau Kaco

Berbeda dengan Danau Tujuh Gunung yang memiliki danau yang cukup luas, Danau Kaco hanya memiliki luas sekitar 30 m x 30 m. Meskipun danau tersebut tidak luas, namun Danau Kaco punya daya tarik tersendiri. Penamaan ‘kaco” berasal dari bahasa setempat yang berarti kaca. Jernihnya air membuat danau tersebut dinamakan demikian.

Hal menarik lainnya adalah airnya yang berwarna kebiruan. Selain itu, kamu dapat melihat ribuan Ikan Semah yang berenang bebas di bawah permukaannya. Danau yang terletak di ketinggian 1.289 m ini merupakan salah satu destinasi wajib di Kerinci.

2. Air Panas Semurup

Air Panas Semurup merupakan sebuah kolam pemandian air panas alami yang terbentuk akibat aktivitas vulkanik. Lokasi air panas ini terletak di daerah Desa Baru, Kecamatan Air Hangat. Perlu diingat bahwa tidak semua kolam bisa kamu gunakan karena suhu panas yang mencapai 85 derajat celcius bisa membahayakan tubuh.

Jika kamu berencana untuk menginap atau bermalam di Air Panas Semurup, terdapat sebuah hotel dengan berbagai fasilitas yang dapat kamu gunakan. Tarif hotelnya pun beragam, mulai dari Rp. 100.000 hingga Rp. 220.000 per malam. Fasilitas yang ditawarkan pun tergantung jenis hotel yang kamu pilih.

3. Danau Gunung Tujuh

Danau Gunung Tujuh merupakan salah satu destinasi wisata favorit di daerah kerinci. Perpaduan antara jernihnya air danau dan sejuknya udara pegunungan membuat wisatawan berdatangan ke tempat ini. Dinamakan ‘gunung tujuh’ karena lanskap danau ini sesuai dengan namanya, yaitu adanya 7 buah bukit gunung yang mengelilingi danau tersebut.

Datanglah ke Danau Gunung Tujuh saat matahari pagi baru muncul. kamu akan mendapatkan momen dimana ketujuh bukit tersebut terlihat merah keemasan diterpa pantulan sinar matahari pagi dari air danau.

4. Danau Kerinci

Satu lagi danau yang wajib kamu kunjungi saat berlibur di Kerinci adalah Danau Kerinci. Danau ini merupakan destinasi favorit keluarga yang datang dan berlibur di Kerinci. Danau yang terletak di kaki Gunung Raja, Kecamatan Danau Kerinci ini memiliki danau yang sangat luas, yaitu sekitar 4200 ha dan kedalaman rata-rata sekitar 110 m.

Selain sebagai objek wisata, danau ini merupakan pusat pencaharian warga setempat. Sebagian besar warga yang tinggal di sekitar danau bermata pencaharian sebagai nelayan yang menggantungkan hidup dengan mencari ikan di danau tersebut. Kamu akan melihat berbagai jenis perahu berjejer di atas permukaan danau.

5. Bukit Khayangan

Tempat selanjutnya yang dapat kamu kunjungi di Kerinci adalah Bukit Khayangan. Tempat ini mendapatkan julukan ‘Negeri di Atas Awan’ karena keindahan dan keunikan lanskapnya. Bukit ini merupakan gugusan bukit yang membentang membentuk barisan bukit yang unik.

Perpaduan antara hijaunya hutan dan gugusan bukit membuat pemandangan di sini seperti di negeri di atas awan. Puncak tertinggi di kawasan ini memiliki ketinggian 1.500 mdpl sehingga kamu dapat mendakinya dengan mudah karena medan yang tidak terlalu ekstrem.

Berkunjung ke danau Kerinci untuk mengunjungi  festival dan menikmati sebuah event budaya tentunya akan menambah wawasan. Jangan lupa, bahwa Indonesia adalah negeri yang luas membentang dan masih memiliki ratusan keunikan dan keindahan budaya dan kekayaan alam lainnya. Pastikan kamu juga mengetahui  event menarik lainnya dengan mengunjungi website Karisma Event Nusantara ini. Selamat berwisata!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *