Tips Memilih Cloud Hosting Untuk Pemula

Meski sebagai pemula tentu saja tetap butuh hosting jika memiliki sebuah website. Jika Anda ingin memilih hosting dengan sumber daya server yang besar maka jawabannya adalah dengan memilih jenis cloud hosting. Seperti diketahui, Anda juga bisa memilih hosting dengan harga yang ekonomis yaitu shared hosting namun kapasitas sumber dayanya tentu saja terbatas.

Ini karena sistem shared hosting, yang membuat Anda harus berbagi server dengan website lain. Saat ini ada banyak pula pilihan Ecommerce cloud hosting Indonesia terbaik dan handal yang bisa dipilih jadi memudahkan anda untuk mencari layanan cloud hosting terbaik.

Cara kerja dari cloud hosting sendiri adalah berpusat pada teknologi cluster yang memungkinkan website berjalan dengan pilihan banyak server. Dengan adanya beberapa server ini, memudahkan Anda untuk tetap bisa menjalankan website meski salah satu server bermasalah karena bisa di backup oleh server lain yang aktif. Hal ini tentu akan berimbas pada tingkat uptime sebuah website yang tinggi karena server melakukan backup masing-masing. Lalu bagaimana menemukan cloud hosting terbaik untuk pemula?

1. Memahami Kebutuhan Website

Setiap website memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Perlu diketahui juga bahwa tidak semua website cocok untuk menggunakan cloud hosting. Jika Anda memiliki website baru yang tidak punya lalu lintas traffic yang tinggi, maka sebaiknya tidak perlu menggunakan cloud hosting karena tidak membutuhkan pencemaran penyimpanan data yang besar.

Sebaliknya jika lalu lintas traffic tinggi dan juga butuh keamanan data yang akurat, maka paling tepat memilih cloud hosting. Meski harga hosting jenis ini jauh lebih mahal dibanding hosting konvensional namun sebanding dengan apa saja kualitas yang diberikan dan juga fitur-fitur yang dihadirkan.

2. Fitur Keamanan

Sanga tepat untuk memilih web hosting dengan keamanan yang akurat. Meski teknologi semakin maju, pasti juga diiringi dengan perkembangan cybercrime. Baik pengguna perorangan maupun perusahaan wajib berhati-hati dengan kejahatan internet yang bisa saja dibobol oleh cracker atau hacker.

Maka dari itu, Anda bisa tanyakan lebih detail oleh layanan provider cloud hosting bagaimana tingkat keamanan data yang diberikan. Jangan sampai Anda mengalami yang namanya kecurian data apalagi untuk perusahaan. Sebab data yang diambil bukan hanya data perusahaan tapi juga data pengguna.

3. Lokasi Data Center

Seputar keamanan data maka anda wajib mengetahui data center dan lokasi server tersebut. Anda bisa memilih layanan provider cloud hosting yang memiliki data server di Indonesia ataupun luar negeri. Ini tentu saja kembali lagi tergantung kebutuhan anda sebagai pengguna.

4. Sejarah Downtime

Yang terakhir Anda juga perlu tahu bagaimana sejarah downtime dari layanan provider. Down time adalah periode di mana layanan tidak bisa diakses secara efektif oleh pengguna. Karena itu, bagi Anda yang ingin menggunakan layanan cloud hosting maka harus memilih provider dengan down time paling minimal.

Karena ketika terjadi down time maka pengguna tidak bisa mengakses website Anda dan juga Anda akan kehilangan traffic pengunjung secara tiba-tiba. Pilih layanan cloud provider yang mencantumkan sejarah down time secara spesifik.

Sekarang tentu Anda sudah tahu apa saja parameter yang menentukan sebuah cloud hosting perlu dipilih. Bagi yang membutuhkan web hosting murah dan handal di Indonesia maka Anda bisa memilih dari Ardhosting. E-commerce ini memberikan pilihan cloud hosting dengan infrastruktur cloud terbaik yang memungkinkan kinerja akses ke website 40 kali lebih cepat dari hosting konvensional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *